Home » , » Keterangan Ahli Digital Forensik Tentang Modus Peretasan Situs Tiket

Keterangan Ahli Digital Forensik Tentang Modus Peretasan Situs Tiket

Written By samsones on Selasa, 04 April 2017 | 19.54

Keterangan Ahli Digital Forensik Tentang Modus Peretasan Situs Tiket

Puncak Berita - Otak dari pelaku pembobolan jual-beli tiket online PT Global Networking, SH (19) nom de plume Haikal, hanya lulusan SMP. Haikal belajar secara otodidak hingga bisa meretas ribuan situs.

Namun dari kacamata computerized forensik, apa yang dilakukan Haikal itu dianggap masih tidak terlalu rumit. Ahli advanced forensik Ruby Alamsyah malah menyebut aksi Haikal itu tergolong nekat.

"Kalau yang ini kan udah jelas menurut saya sih kalau dari kacamata kami sebagai praktisi security ini sih ekor biasa aja kok. Sepengetahuan yang banyak di web lalu ada tulisannya juga ada, sudah tersedia. Masalahnya banyak di Indonesia yang bisa melakukan hal ini, tinggal masalahnya yang nekat siapa. Nah kebetulan kelompok inilah yang nekat," kata Ruby saat dihubungi, Selasa (4/4/2017).

Ruby menyebut web saat ini berkembang cukup pesat sehingga tidak mengherankan bila Haikal yang lulusan SMP bisa secara otodidak belajar meretas. "Tahun 2000-a ke sini itu menjadi programmer itu nggak perlu jadi orang memiliki intelektualitas tinggi atau harus jenius. Orang biasa saja dengan hanya cukup punya waktu dan kemauan tinggal belajar dari web ada semua," ujarnya.

Sebelumnya, Direktorat Siber Bareskrim Polri mengungkap kelompok peretas itu. Haikal selaku otak pelaku disebut sudah meretas sebanyak 4.600 situs, termasuk situs milik Polri.

"Saudara SH belajar secara otodidak. Berhasil membobol lebih dari 4.600 situs. Di antaranya situs milik Polri, pemerintah pusat dan daerah, situs ojek online dan beberapa situs di luar negeri," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto di kompleks Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (30/3) lalu.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berita Online Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger